8 Makanan Jepang Paling Populer Yang Wajib Dicoba

Posted on 3/08/2015 Under


Makanan Jepang telah menjadi fenomena saat ini. Keberadaannya tidak hanya dikenal di Asia, tapi juga dunia.
Banyak yang suka makanan Jepang karena kandungan gizi dan rasanya yang enak. Makanan Jepang memang unik. Dengan ciri mengandung banyak sayur dan tidak banyak menggunakan minyak, lemak, dan bumbu yang kental, makanan Jepang tetap terasa enak di lidah. Berikut ini 8 Masakan Makanan Jepang Paling Populer.

 1. Sushi
Sushi (, , atau biasanya すし, 寿司) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka, beras, garam dan gula. 
2. Okonomiyaki
Okonomiyaki (お好み焼き) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.
3. Soba
Soba (蕎麦 atau そば) adalah salah satu jenis mie Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Sewaktu dimakan, soba boleh diseruput hingga mengeluarkan suara. Cara makan seperti ini justru dianjurkan, karena merupakan pujian kepada juru masak bahwa makanan yang dimasaknya enak.
4. Mochi
Mochi (Jepang: ; Hanzi: ()) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.
5. Dorayaki
Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き) adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah.
6. Yakiniku
Yakiniku (焼肉, daging panggang) adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Daging dipanggang di atas api dari arang atau gas dengan memakai kisi-kisi dari besi atau di atas plat dari besi (teppan).
7.Teriyaki
Teriyaki (照り焼き, てりやき) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin)
8. Takoyaki
Takoyaki (たこ焼き) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan.
Takoyaki sendiri di jepang sudah menjadi makanan favorit untuk semua kalangan, rasa nya yang gurih ditambah dengan mayonaise dan saos pilihan membuat takoyaki menjadi alternative makanan pengganti nasi.Takoyaki adalah makanan cemilan jepang yang biasa dibuat secara tradisional oleh keluarga-keluarga jepang secara rumahan ataupun juga sebagai 'jajanan kaki lima' di Jepang dan juga biasanya selalu ada dalam festival, pasar malam serta dalam konser-konser.
Bagian luar takoyaki terlihat renyah, sementara bagian dalamnya terasa lembut dan kaya rasa nan gurih, dan isian takoyaki ini biasanya adalah gurita (octopus). Takoyaki ini enak disantap panas-panas secara langsung atau sebagai lauk dengan nasi. Bila dalam keadaan dingin, takoyaki akan lebih padat dan kenyal seperti baso.